Jumat, 14 November 2008

Pengenalan Adobe Photoshop

Pernahkah anda melihat gambar atau image yang sangat menarik?pernah juga kah anda berpikiran gimana cara bikinnya ya?.kalo anda pernah mendengar banyak program komputer yang khusus di buat untuk tujuan pembuatan design grafis salah satu yang populer dan lumayan mudah dipelajari bahkan termasuk lengakpa dan besar adalah Photoshop.
Software buatan Adobe ini memang sangat populer di kalangan para designer, disamping tools nya sangat friendly user efek - efeknya juga sangat lengkap untuk berbagai keperluan dengan bahasa lain software ini sangat powerfull untuk urusan grafis.

Sebelum kita belajar alangkah baiknya bila kita mengenal dahulu komponen-komponen area kerja kita agar kita bekerja lebih lancar dan tentu saja enjoy, harap diingat saat kita bekerja dengan tehnik grafis tentusaja yang kita gali adalahsumber imaginasi kita pastinya kita harus rilex dan menikmati ok?

MENGENAL AREA KERJA
Silakan anda jalankan Adobe Photoshop kemudian pilihlah menu File => New. Kemudian akan tampil jendela pilihan dimana anda akan diminta untuk memasukkan ukuran kanvas yang akan anda gunakan dalam bekerja. untuk tampilannya akan seperti ini



Name : nama work atau pekerjaan yang akan anda kerjakan
Preset : pilihan ukuran kanvas anda mulai dari ukuran 3x4 sampai dengan custom saat anda pilih custom maka isian berikut akan dapat anda rubah masukannya sesaui dengan ukuran kanvas yang akan anda kerjakan
Width : ukuran lebar kanvas anda
Heigth : ukuran tingi kanvas anda
Resulution : resolusi gambar anda nanti
Color mode : mode dari warna kanvas anda bisa bitmap,RGB, sampai pada grayscale /hitamputih
Backgroundcontent: warna latar kanvas anda, atau transparan sesuai pilihan anda

Setelah semua sesuai keinginan anda silakan tekan OK dan pada window komputer anda akan tampil jendela sebagai berikut



seringkali letak tool-tol sudah berubah tergantung kenyamanan penggunanya, untuk merubah sesuai standartnya gunakan menu Windows -> Workspace -> Rset Palette location.
Area kerja pada Adobe Photoshop dapat dilihat pada gambar berikut
A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.
B : Option, berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.
C : Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan.
D : Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.
E : Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.
F: Area gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit.

OK mungkin ini saja dulu untuk pengenalan kita, untuk selanjutnya kita akan langung ke praktek ya, tapi tunggu postingan berikutnya ya...

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP