Kamis, 01 Januari 2009

Inspirasi bisnis dari Lele...

Pernahkah Anda berfikiran saya ingin mempunyai bisnis sendiri? Dapat mengatur waktu sendiri?Ataukah ingin mencari tambahan penghasilan selain dari gaji pokok?
Sobat netter, mulai 2009 ini saya akan membagikan berita mengenai dunia usaha yang mungkin saja bisa membuat anda terinspirasi dan membuat peluang baru bisnis dan mungkin saja inilah gambaran yang pernah Anda inginkan selama ini.

Kali ini saya ingin berbagi tentang beternak lele, bukan karena saya pengalaman di bidang ini namun hanya sebatas informasi saja karena saya juga baru belajar bersama anda, he..he... :)

Seperti yang kita ketahui, Lele merupakan salah satu ikan air tawar yang sangat di gemari banyak orang salah satunya mungkin Anda ,bahkan boleh dikata permintaan untuk ikan jenis yang satu ini tidak pernah turun atau sepi lho..




Budidaya ikan lele akhir akhir ini berkembang sangat pesat di karenakan beberapa faktor antara lain
- Lele dapat di budidayakan dengan lahan dan air yang minim sekalipun
- Teknik yang sangat mudah dalam budidaya
- Pemasaran yang sangat luas (hampir tidak pernah sepi)
- Modal yang dibutuhkan juga relatif rendah


Dahulu kita sangat familiar dengan jenis lele dumbo yang sangat terkenal,nah... sobat sekarang kita juga tahu ternyata ada jenis ikan lele baru atau dapat dikatakan varietas baru bernama ikan lele sangkuriang .Seperti halnya sifat biologi lele dumbo terdahulu, lele Sangkuriang tergolong omnivora. Di alam ataupun lingkungan budidaya, ia dapat memanfaatkan plankton, cacing, insekta, udang-udang kecil dan mollusca sebagai makanannya. Untuk usaha budidaya, penggunaan pakan komersil (pellet) sangat dianjurkan karena berpengaruh besar terhadap peningkatan efisiensi dan produktivitas. Bahkan jenis ikan ini doyan makan ayam mati,burung ataupun rayap sampai pada nasi yang telah basi sekalipun.
Yah..namnya juga omnivora...

Budidaya lele, baik kegiatan pembenihan maupun pembesaran dapat dilakukan di kolam tanah,
bak tembok atau bak plastik. Budidaya di bak tembok dan bak plastik dapat memanfaatkan
lahan pekarangan ataupun lahan sisa yang sobat miliki lainnya. Namun bila sobat sangat
seriues untuk menekuni bisnis ini sangat disarankan dari pakarnya untuk menggunakan lahan yang memang telah disiapkan khusus untuk kolam lele, jadi bukan hanya lahan sisa yang kurang begitu luas seperti punya saya,he..he..

Yang saya ketahui,Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan ikan lele berkisar antara 22-32°C.
Suhu air akan mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan napsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air.

Nah setelah kita tahu begitu bagusnya prospek kedepannya salah satunya adalah begitu stabilnya permintaan pasar terhadap ikan jenis ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk kita kan sobat?lihat aja di hampir setiap warung makan di sajikan menu lele goreng ataupun bakar sebagai lauknya, bahkan kisa juga bisa lihat banyak warung tenda tepi jalan yang menjajakan lele sebagai menu utama, bisa kita bayangkan bila satu kota kecil saja terdapat warung makan baik permanen ataupun pinggir jalan berjumlah 20 warung dengan rata2 membutuhkan 5 kg setiap warungnya,
5 kg x 20 warung =100 kg
itu setiap harinya lho kalo sebulan ...x30=3000kg

Bayangkan bila Anda dimana tinggal merupakan peternak terbesar dan pemasok tunggal bisa anda bayangkan berapa keunntungannya kan? Sekali lagi saya gunakan hanya hitungan kasar karena saya bukan pakarnya, hanya memberikan berita dimana saya harap anda bisa terinspirasi atau bahkan menginspirasi saya lewat diskusi bersama, jadi terserah anda sobat....
Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara dan proses pengembang biakannya sobat bisa menghubungi Dinas Perikanan dan Peternakan setempat. Apalagi jika sobat netter juga jago dalam pemasaran bisnis online bisa sobat pasarkan juga itu ikan lele di internet,mungkin lewat reseler atau afiliasi..he...he... maksa banget yah...
Salam sukses..


1 komentar:

Irma Permata Sari 5 Januari 2009 pukul 15.11  

saya tertarik dengan budidaya apa saja, termasuk lele...
pernah coba budidaya ikan cupang, cuma sama kyk lele, saya kesulitan pada masa budidaya
tentang gmn cara mengkawinkannya, trus membersarkan bibit yg sudah lahir..
pye jal?

Posting Komentar

  © Blogger template 'Isfahan' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP